Template Curriculum Vitae untuk LaTeX

Beberapa waktu lalu saya penasaran dengan tampilan Curriculum Vitae / CV/ Resume yang baik. Di internet ada banyak tampilan dengan beragam format, tapi kali ini saya tertarik untuk membuat CV dengan LaTeX.

Pilihan pertama saya jatuh pada CV buatan Thomas Jansson. Templatenya (file `resume.cls`) bisa didownload langsung di halaman aslinya atau di daftar template Sharelatex.

Tampilan akhir CV dengan template oleh Thomas Jansson

Jika kalian perhatikan, desainnya sudah sangat baik, elegan, dan terkesan profesional. Cocok untuk CV para profesional yang panjang ataupun para freshgraduate yang belum banyak pengalaman. Hanya saja ada yang kurang menurut saya, yakni warna. Template aslinya hanya menghasilkan CV berwarna hitam putih. Artikel ini mendokumentasikan bagaimana saya memberi warna pada template tersebut.

Download Template

Bagian selanjutnya dari artikel ini akan menjelaskan pengalaman saya mengedit warna template LaTeX tersebut. Jika ingin langsung menggunakan template yang telah saya edit sehingga dapat custom warna, silakan download file resume.cls di repository berikut.

Note: Jika ingin mengganti warna template CV, ubah MidnightBlue pada bagian \colorlet menjadi warna lain sesuai selera

Mengedit LaTeX template

Berdasarkan tips-tips di internet dalam mendesain CV yang baik, saya berusaha untuk tidak terlalu banyak mewarnai area CV. Saya hanya akan meng-highlight bagian-bagian yang saya rasa penting untuk diberi warna, yakni teks judul dan teks subjudul pada sisi samping.

1. Kita akan mengedit file resume.cls yang tadi telah kita download di web aslinya.

2. Langkah selanjutnya tambahkan package yang menyediakan pewarnaan teks pada bagian akhir:

\usepackage[dvipsnames]{xcolor}

Saya berikan parameter tambahan dvipsnames sehingga kita memperoleh lebih banyak pilihan warna yang memiliki “nama” (jadi tidak perlu menginputkan kode heksadesimal).

3. Untuk mempermudah penggunaan warna, saya membuat variabel yang menyimpan warna menggunakan perintah \colorlet:

\colorlet{themecolor}{MidnightBlue}

Variabel themecolor adalah variabel yang akan kita gunakan untuk menyimpan warna template yang akan kita gunakan. Sedangkan MidnightBlue adalah warna tema yang saya gunakan untuk CV tersebut.

Note: Jika ingin mengganti warna template CV, ubah MidnightBlue pada bagian \colorlet menjadi warna lain sesuai selera

4. Selanjutnya saya sisipkan variable warna template ke bagian yang ingin kita beri warna, yakni judul dan subjudul di sisi samping. Di template, untuk mengedit kedua bagian tersebut kita dapat mengedit style yang digunakan, yakni mysidestyle dan mytitle.

\newcommand{\mysidestyle}[1]{\small\sc\textcolor{themecolor}{#1}}
\newcommand{\mytitle}[1]{{\sc\Large\textcolor{themecolor}{#1}}}

Jika diperhatikan, di sini untuk mewarnai text saya menggunakan perintah textcolor{}. Sebenarnya ada dua cara yang dapat digunakan yakni dengan color{} atau textcolor{}, tetapi cara pertama akan membuat eror pada template (text tidak lagi teralinea dengan rapi)

Setelah selesai, template resume.cls sudah akan dapat memberikan warna pada bagian-bagian yang kita tentukan. Jika sebelumnya sudah pernah menggunakan template dari Thomas Janssen, perubahan ini seharusnya tidak akan mengubah apapun kecuali pemberian warna.

Hasil template CV dengan warna tema MidnightBlue

featured image credit: https://www.philippewiget.com


About the author

Rian Adam

Lecturer at Universitas Islam Indonesia; Machine Learning Enthusiast

View all posts

Leave a Reply