Review software untuk mengajar online di Ubuntu

Semester ganjil perkuliahan 2020/2021 Informatika UII dilalui dengan 100% online. Penuh tantangan, khususnya bagi saya yang menggunakan komputer dengan sistem operasi Ubuntu. Sulit sekali ketika ada software-software yang disarankan teman untuk digunakan tetapi tidak bisa digunakan karena terkendala OS. Pada artikel ini saya akan sharing, beberapa software yang bermanfaat untuk mengajar online di Ubuntu. Selama mengajar online semasa pandemi ini, saya sangat terbantu dengan software-software ini. Semoga bermanfaat juga untuk pembaca di luar sana.

Simple Screen Recorder

Software pertama yang ingin saya share adalah software untuk merekam layar. Karena ketika mengajar online saya beberapa kali harus membuat video tutorial, simple screen recorder adalah aplikasi terbaik menurut saya. Beberapa fitur yang ingin saya highlight:

pengaturan simple screen recorder
  • Simpel. Super simpel. Saya sudah coba beberapa software perekam layar lain di Ubuntu tetapi tidak ada yang sesimpel dan selengkap simple screen recorder.
  • Bisa merekam berdasarkan jendela, mengikuti mouse, atau area tertentu pada layar. Sebenarnya alternatif lain yang pernah saya lakukan untuk membuat video rekaman adalah menggunakan Zoom. Tapi di zoom tidak ada pilihan untuk merekampada area tertentu. Lumayan bermanfaat ketika kita mau merekam dengan “contekan” di layar.
  • Pengaturan kualitas video juga sangat mudah. Settingan yang saya pakai biasanya adalah kualitas “youtube” dengan frame rate 30. Video yang dihasilkan akan berada pada kualitas wajar dengan ukuran file yang juga wajar. Video sekitar 10 menit akan berukuran sekitar 25 MB.
  • Fitur yang paling saya suka adalah short cut. Yups, saya bisa mengatur short cut saya sendiri sehingga proses rekam-stop-simpan bisa dengan mudah dilakukan dibalik layar. Selama aplikasi sudah jalan, meskipun dalam keadaan minimize saya tinggal pencet short cut saya, maka layar akan terekam, saya pencet lagi, video akan tersimpan. Super simpel.

Kekurangan yang saya alami di Simple Screen Recorder adalah ketika saya ingin merekam audio dari laptop (misalnya ada suara/video yang saya tampilkan juga). Pemilihan sumber audio yang akan digunakan tidak bisa diubah-ubah ditengah-tengah perekaman, jadi semisal mau merekam audio dari komputer sekaligus dari mic, harus terpisah jadi dua video berbeda atau menggunakan software lain, Zoom misalnya atau Kazam (yang menurut saya tidak simpel).

FFMPEG

Untuk editing video, saya biasanya menggunakan FFMPEG. Software ini tidak ada antarmukanya hanya running dengan perintah di terminal. Installnya mudah tinggal

sudo apt install ffmpeg

Setelah itu kita tinggal hafalkan perintah-perintah penting untuk edit video. Salah satu yang sering saya gunakan adalah untuk crop video. Perintahnya seperti ini:

ffmpeg -i nama-video.mkv -ss 0 -t 558 nama-video-baru.mkv

Perintah itu ketika dijalankan akan menghasilkan video baru yang merupakan potongan dari detik ke-0 sampai detik ke-558 dari video aslinya.

FFMPEG bisa juga untuk noise reduction, ketika video yang sudah kita rekam ternyata ada noisenya (suara kipas atau hujan misalnya) kita bisa mengedit dengan perintah berikut:

ffmpeg -i nama-video.mkv -af "highpass=f=200, lowpass=f=1000" nama-video-baru.mkv

Detail dari perintah itu bisa dicek di sini.

Dan masih banyak lagi sebenarnya perintah yang tersedia, misal untuk convert jenis video, ubah kumpulan gambar menjadi gif (saya pakai untuk seru-seruan beberapa kali) dan masih banyak lagi.

Salah satu keunggulan yang saya rasakan dengan menggunakan ffmpeg ini adalah proses editingnya sangat cepat. Video yang sudah jadi tidak “dibongkar” (decoding) dulu hanya untuk keperluan cropping. Beberapa video editor yang melakukan re-encode alias “membongkar” video dulu biasanya akan menjadikan proses cropping video jadi sangat lambat.

Noise Torch

tampilan noise torch

Cara lain untuk menghindari noise ketika membuat video atau rekaman adalah dengan menggunakan Noise Torch. Noise torch akan membuat virtual microphone yang cerdas sehingga bisa menghilangkan noise background sekitar kita dengan lebih baik. Saya bisa melakukan rekaman video di ruangan full-music menggunakan noise torch dengan hasil yang sangat baik.

tampilan noise torch microphone dari simple screen recorder

Noise torch bisa bekerja dengan software apapun. Ketika dijalankan, nanti akan muncul microphone “baru” di sistem kita. Entah itu pakai zoom yang realtime atau pakai simple screen recorder, kita tinggal pilih sumber micnya adalah virtual microphone dari noise torch.

Xournal

Yang ini adalah aplikasi untuk coret-coret mengajar online. Jadi alhamdulillah, semester lalu dapat bantuan dari kampus berupa Wacom Drawing Pad untuk bantuan coret-coret ketika mengajar, sayangnya tidak semua software coret-coret bagus ada di Ubuntu. Dari semua software yang sudah saya coba, baik software ataupun online, saya paling cocok dengan Xournal. Beberapa yang buat saya suka dengan Xournal:

  • Support dengan fitur pressure pada drawing pad. Terkesan sederhana, tapi dengan software yang support fitur pressure atau tekanan pensil kita, tulisan yang dihasilkan menjadi lebih alami. Hal ini tidak ada di fitur anotasi Zoom atau beberapa software lain.
  • Support anotasi pdf. Beberapa kali saya mengajar saya hanya menyiapkan slide dengan konten yang hanya “setengah”, setengahnya lagi akan saya isi ketika mengajar dengan live coret-coret langsung di slidenya. Nanti slidenya tinggal di save ke pdf lagi lalu itu yang dishare ke mahasiswa.
  • Support dengan bentuk-bentuk, rumus latex, text, dan sebagainya. Kita juga bisa memindahkan objek-objek yang sudah digambar dengan mudah. Dengan ini saya seakan bisa membuat animasi sederhana ketika menjelaskan.
  • Dan kalau tidak lagi ngajar, Xournal juga bisa digunakan sketchbook 😀

Mungkin itu dulu dari saya untuk sharing-sharing singkat tentang software-software yang saya rasa bermanfaat untuk mengajar online khususnya bagi temaan-teman yang menggunakan Ubuntu. Semoga bermanfaat!

About the author

Rian Adam

Lecturer at Universitas Islam Indonesia; Machine Learning Enthusiast

View all posts

Leave a Reply