Parser Kalimat Sederhana untuk Bahasa Indonesia

Beberapa waktu lalu saya mendapat tugas kerja untuk membuat sebuah text summarizer (perangkum bacaan) menjadi sebuah kalimat sederhana. Istri saya yang lebih mendalami bidang NLP menyarankan untuk menggunakan teknik yang sederhana:

Temukan kalimat utama, dan jadikan kalimat tersebut sebagai rangkuman.

Saya setuju ide itu, selain tidak serumit jika mengunakan machine learning yang kompleks, rasanya cara itu sudah cukup cocok untuk kasus saya. Istri saya memberi tahu saya beberapa algoritma yang bisa digunakan dan sebuah peringatan bahwa bagian paling sulit adalah nanti bagaimana membuat parser kalimat (program yang dapat mengekstrak kalimat-kalimat yang menyusuk sebuah dokumen teks).

Saya buat parser ini menggunakan bahasa pemrograman Python, dengan bantuan beberapa package (`re` untuk regex, dsb.).

Split berdasar penanda akhir kalimat

Percobaan pertama yang saya lakukan adalah menggunakan regex untuk men-split data teks berdasarkan beberapa karakter yang biasa menjadi penanda akhir dari sebuah kalimat. Karakter pemisah yang saya gunakan awalanya aadalah tanda titik (“.”), tanda tanya (“?”), dan tanda seru (“!”) yang setelahnya terdapat sebuah spasi atau sudah di akhir dokumen.

newtext = re.split("[\.\!\?][ $]", text)

Setelah coba dijalankan, saya menemukan beberapa fakta menarik. Pertama, seharusnya saya tidak perlu memisahkan berdasarkan tanda tanya dan tanda seru karena kedua tanda tersebut hanya muncul di kalimat langsung yang tidak perlu di split. Jadi berikutnya kita cukup split di tanda titik.

newtext = re.split("\.[ $]", text)

Kedua, asumsi saya menggunakan tambahan “sebuah spasi setelah karakter” ternyata benar-benar bermanfaat karena parser akhirnya tidak men-split tanda titik yang bukan akhir kalimat, misalnya `6.700 korban`.

Kalimat langsung

“Roses are red. Violets are Blue,” said Hugo.

Dalam kasus saya, kalimat di dalam kalimat langsung tidak boleh dipisah. Untuk menghindari pemisahan, perlu dibuat aturan khusus (saya rasa ini bisa di-handle menggunakan regex). Ide saya sementara ini dengan membuat variabel untuk mengecek sebuah simbol pemisah ada di dalam double quote atau tidak, lalu jika tanda titik misalnya ada di antara double quote, maka kita beri “tanda” agar tidak di split.

inside = False
for i in range(len(text)):
    if text[i]=="\"":
        inside = not inside
    if inside and text[i]==".":
        # mark to not split here

“Tanda” agar tidak di-split

Untuk menandai sebuah simbol tidak boleh di split, saya sisipkan simbol yang unik (yang saya yakin tidak akan muncul di dokumen saya) sebelum dan setelah tanda titik. Saya gunakan simbol `@#…@#`.

“Roses are red@#.@# Violets are Blue,” said Hugo.

Mengatasi Singkatan

Ini adalah bagian yang juga sulit, misalnya ada kalimat:

Tadi malam saya bertemu H. Akbar M. dan drs. Rian. Kami adalah sahabat dekat dulunya.

Jika diperhatikan tanda titik setelah huruf “H” dan huruf “M”, bukanlah tanda akhir dari kalimat, begitu juga tanda titik setelah “drs”. Tanda titik yang digunakan untuk memisah kalimat adalah setelah kata “Rian”.

Awalnya saya berpikir untuk tidak mensplit tanda titik yang sebelumnya hanya satu huruf, tapi “drs” lebih dari satu huruf dan juga merupakan singkatan. Kita harus menemukan sebuah kata adalah singkatan atau bukan.

Deteksi singkatan

Pada projek ini ada dua aturan yang gunakan:

  1. Jika kata sebelum tanda titik hanya terdiri dari satu huruf, maka itu adalah singkatan. Contoh: “M.”, “H.”
  2. Jika tidak, maka cek terlebih dahulu di kamus singkatan (saya buat sendiri), jika ditemukan, maka kata tersebut singkatan. Contoh: “Prof.”, “Dr.”, “Hj.”, “dll.”, “Moch.”

Secara tidak langsung, aturan ini juga menangani singkatan panjang seperti “S.W.A.T.”. Setelah berhasil mendeteksi singkatan, dengan ide yang sama kita kasih “tanda” pada tanda titiknya, lalu split dengan fungsi regex seperti sebelumnya.

Hapus “tanda”

Setelah berhasil split kalimat, jangan lupa untuk menghilangkan simbol yang tadi kita gunakan sebagai “tanda”. Caranya bisa dengan manual seach atau dengan regex.

Program

Program bisa diakses di Google Colab berikut

Image from: https://museafrica.com

About the author

Rian Adam

Student at University of Central Florida; Lecturer at Universitas Islam Indonesia; Machine Learning Enthusiast;

View all posts

Leave a Reply