Tips Mengerjakan TOEFL ITP Online

Sebelumnya saya menulis pengalaman mendaftar dan mengikuti TOEFL ITP Online pada artikel Pengalaman TOEFL ITP Online. Kali ini akan saya share tips mengerjakan TOEFL ITP Online dan detil tiap sesinya!

1. Section 1 Listening Comprehension

Waktu : 35 menit, Jumlah : 50 soal.
Ketika memulai sesi ini, waktu akan berjalan dan audio soal akan berbunyi (Jika waktu sudah jalan, tapi tidak terdengar audio, langsung lambai-lambai ke webcam agar tes bisa dipause oleh proctor). Meskipun disebutkan maksimal pengerjaan sesi listening 35 menit, namun pada tiap soal dibatasi waktu pengerjaannya, mungkin sekitar 5-10 detik saya agak lupa. Akan ada notif semacam loading bar tertampil di layar untuk setiap soal. Jika waktu per soal habis (loading bar sudah mentok), maka otomatis layar menampilkan soal selanjutnya. Pastikan menjawab semua soal, karena setelah sampai di soal terakhir kita tidak bisa mengulang mendengarkan audio soal, meskipun waktu pengerjaan kita belum sampai 35 menit.

Pada sesi ini, tipe soalnya agak bervariasi. Yang saya ingat adalah ada beberapa jenis soal berupa percakapan pendek dan ada yang percakapan panjang. Perlu dicatat bahwa audio percakapan dari sound laptop kita akan terdengar sangat jelas! Berbeda dengan ketika menjalani listening di ruang kelas. Ini bagi saya cukup mengagetkan dan membuat sulit konsentrasi, karena semua yang penting dan tidak penting tercampur dan terdengar jelas 🤣 Satu percakapan bisa digunakan untuk menjawab 2-3 pertanyaan. Pertanyaan tidak ditampilkan di layar melainkan disampaikan di audio, jadi jangan sampai terlewat. Jawaban tiap pertanyaan juga tidak terurut sesuai alur percakapan.

TIPS! Pastikan tetap konsentrasi pada alur percakapan, mencatat hal-hal penting semisal timeline cerita dan term-term yang unik (terutama pada percakapan panjang). Selain itu sebisa dan secepat mungkin kita mencerna pilihan jawaban yang tertampil sebelum audio percakapan selesai. Kita kira-kira pertanyaannya apa, ini akan memudahkan menemukan jawaban pada saat percakapan diputar.

2. Section 2 Structure and Written Expression

Waktu: 25 menit, Jumlah: 40 soal.
Pada sesi ini kita bebas menggunakan kuota waktu yang diberikan. Kita bisa melewati pertanyaan dan kembali lagi nanti. Selain itu ada tombol untuk menandai soal-soal yang kita masih ragu, sehingga jawaban yang meragukan ini bisa kita review ulang di akhir.

TIPS! Perhatikan waktu yang diberikan 25 menit untuk 40 soal, sehingga tiap soal maksimal mengerjakannya adalah 37,5 detik. Kadang kita terlalu larut dalam memilih jawaban sehingga kehabisan waktu dan tidak bisa mengerjakan semua soal. Maka, batasi saja untuk amannya maksimal kita mengerjakan 30 detik (selalu perhatikan timer di layar), maka kalau belum yakin langsung jawab seadanya dan tandai ragu. Jika konsisten seperti ini, kita tidak akan kehabisan waktu dan nanti di akhir kita bisa review lagi jawaban kita.

TIPS! Tips mengerjakan selanjutnya adalah bagian written expression, yakni bagian yang pilihan jawabannya bergaris bawah. Pada bagian ini kita disuruh menentukan jawaban mana yang grammar-nya salah. Pertama, fokuskan tiap jawaban dengan kata tetangganya yakni kata sebelum dan kata sesudahnya. Kita amati jenis verb (past, present, continuous), bentuk plural dan singular-nya dan masalah grammar lain, antara pilihan jawaban dengan kata-kata tetangganya. Biasanya akan terlihat jika suatu jawaban itu salah, yakni ketika tidak sinkron jenis/bentuknya antara kata sebelum-pilihan jawaban-kata sesudahnya.

3. Section 3 Reading Comprehension

Waktu: 55 menit, Jumlah: 50 soal.

Aturan sesi ini sama dengan sesi sebelumnya, kita bebas menggunakan waktu dan bisa kembali ke soal-soal sebelumnya. Untuk karakter soal, total ada sekitar 5 bacaan, masing-masing digunakan untuk menjawab sekitar 10 pertanyaan. Bacaan terdiri dari minimal 4 paragraf yang panjang dengan banyak kosa-kata sulit sesuai tema.

TIPS! Jangan langsung baca tiap bacaan sekali waktu! Membaca semuanya dari paragraf satu sampai paragraf akhir bikin kewalahan dan percuma nggak akan ingat 😢 Strategi saya untuk mengerjakan sesi reading adalah dengan membaca bacaan maksimal 1 menit saja, yang digunakan untuk membaca full paragraf pertama dan membaca skimming paragraf lain. Pada saat membaca ini, pastikan cari ide utama bacaan. Pada soal hampir pasti ada pertanyaan tentang ide utama bacaan, baik secara langsung maupun dengan gaya pertanyaan lain. Jika kita masih bingung dan belum bisa menjawab soal tentang ide utama, lewati dulu dan jawab pertanyaan lain. Insyaallah setelah menjawab soal lain, nanti kita akan otomatis faham dengan ide utama bacaan hehe.

TIPS! Selanjutnya, tentang alokasi waktu. Sisa waktu kita berarti 55 menit – (5*1 menit) = 50 menit. Jika dibagi untuk mengerjakan soal berarti 50 menit / 50 soal = 1 menit. Sama seperti sebelumnya, tips mengerjakan dimulai dengan mengerjakan dibawah alokasi waktu dulu, misalnya maksimal mengerjakan tiap soal adalah 40 detik. Gunakan waktu sebaik-baiknya karena biasanya kita perlu kembali membaca untuk menjawab tiap soal. Target ini terasa agak ekstrim, tapi percayalah bacaan reading ini lebih kompleks dan kalau memperlama stuck di satu soal tidak akan menjadikan kita lebih jernih dalam menjawab 😂 Waktu sisa yang banyak ini nanti akan sangat berguna saat kita mereview jawaban di akhir.

TIPS! Selain itu, tambahan tips mengerjakan TOEFL khusus sesi reading yakni, akan ada banyak pertanyaan tentang sinonim atau antonim sebuah vocab yang terletak di baris tertentu dalam bacaan. Nah, tipe soal seperti ini bisa coba langsung dikerjakan tanpa perlu mencari baris yang disebutkan dan membaca lagi. Fokus pada arti vocab yang ditanyakan dan pilihan jawabannya. Seringkali kita bisa menjawab tanpa perlu memperhatikan konteks bacaan, sehingga akan menghemat waktu sekali. Tapi jika masih ragu, tetap cek ulang ke baris dan konteks bacaan ya!

About the author

Rochana Prih Hastuti

View all posts

Leave a Reply